Sabtu, 13 Desember 2008
Kali ini gw mau ngasih imformasi mengenai beberapa objek wisata alam yang ada di negeri kelahiran gw, disamping ojek wisata lainnya seperti seni, tempat bersejarah dan yang lainnya. Yang saya tampilkan kali ini hanya beberapa dari sebagian objek wisata alam khususnya buat lu yang suka wisata alam, yang kalau kalian kunjungin pasti gak bakalan rugi deh………..!

a. Gunung singgalang

Gunung singgalang merupakan salah satu dari beberapa gunung yang ada di negri gw. Ketinggian gunung ini mencapai 2,887 meter dari permukaan laut dan berdiri dengan gagahnya di sebelah Gunung merapi. Keistimewaannya gunung ini berada dikawasan hutan sangat menarik, Gunung ini merupakan gunung api yang tidak aktif yang ditutupi hutan hujan tropis, trek pendakian terjal dan terdapat 2 buah telaga dipuncaknya yaitu Telaga dewi dangan Telaga kumbang pokoknya kalau kalian kesana gak bakan rugi deh, paling kagum dan terpana akan keindahan ciptaan Allah SWT. Aksesnya juga mudah untuk mencapai lokasi, lu pada dapat menggunakan jalur darat. Dari bandara menuju Bukittingi, perjalanan ditempuh waktu 2 jam dengan biaya perjalanan Rp. 15.000 -20.000. jalur pendakian dapat dilalui dari 3 tempat, dari koto baru (pandai sikek), dari balingka dan dari tobok (kenagarian malak).

b. Cagar Alam lembah Anai

Cagar Alam Lembah Anai merupakan salah satu kawasan hutan lindung yang ad adi negeri gw. Kawasan ini memiliki hamparan hutan tropic yang lebat dengan aneka ragam jemis flora dan fauna. Hutan ini terltak di jalan raya menghubungkan kota Padang-Bukittingi, yang katanya ditetapkan sebagai kawasan konservasi cagar alam. Dari sekian banyak keistimewaan di hutn ini yang paling menarik menurut pikiran gw yaitu adanya tiga air terjun dan satu telaga yang warna airnya kebiru-biruan. Kemudian juga dapat lu temui bunga bangkai, dan para enungu hutan lainnya. Aksesny acukup mudah , dari bandara kelokasi lu hanya perlu bayar Rp. 20.000 – 25.000 nyampe kelokasi.

c. Lembah harau

Menurut legenda lembah arau berasal dari lautan yang mongering, ini dikuatkan oleh temuan dari survey team geologi jerman yang meneliti jenis batuanya yang merupakan batuan breksi dan konglomerat yang kita ketahui jelas bahwa batuan tersebut merupakan jenis batuan yang terdapat di dasar laut. Di lembah harau lu pada dapat menyaksikan keindahan tujuh air terjun (sarasah) yang msangat mempesona. Pagar tebing yang cadas yang curamdan lurus menantang disana merupakan tempat yang sangat cocok buat lu yang suka olah raga panjat tebing. Lokasi ini terdapat di kabupaten Lima puluh koto, dari kota Padang ke Payakumbuh dapat ditempuh selama 3 jam, jika menggunakan bus umum biayanya kra-kira Rp. 20.000, trus kalau ke lokasi lu sebaiknya naik bus sewaan atau mobil pribadi. Kalu lu nyewa kira-kira biayanya Rp. 400.000/hari, buat tempat nginap di lembah tersebut terdapat penginapan yang nyaman buta lu yang pengen tenang dengan kehidupan alam yang asri.

d. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam yang terletak di jenjang Kota Bukittinggi. Lembah ini memanjang dan berkelok dari selatan ngarai Koto Gadang dsampai ke Nagari Sianok Enam suku, dan berakhir di palupuh. Jurang ngarai dalamnya 100 m yang membentang sepanjang 15 km dengan lebar 200 m dan merupakan bagian dari patahan yang memisahkan satu wilayah menjadi dua bagian (patahan semangko). Patahan ini membentuk dinding yang curam, bahkan tegak lurus membentuk lembah yang hijau hasil dari geraka turun kulit bumi (sinklinal).

d. Gunung Merapi

Gunging Merapi yang juga dikenal sebagi merapi atau berapi memiliki ketinggian 2891,3 m dari permukaan air laut. Sebagai salah satu gunung yang paling aktif di nagari gw. Keistimewaannya Gunung ini merpakan gunung yang paling rame di kunjungi wisatawan dan gak salah kalau hari libur di unjak rame banget….dan digunung ini berhamaparan bunga edelwis di sekitar lereng gunung. Lu pada gak bakalan sulit nemuin lokasi ni gunung karena dekat dengan Kota Bukittingi.




e. Gunung Talamau

Gunung Talamau dengan ketinggian 2982 m dari permukaan laut, merupakan gunging yang tertinggi di nagari gw. Karateristik Gunung Talamau termasuk salah satu gunung api yang tak aktif dengan hutanya yang masih perawan yang menyimpan segudang pesona yang sayang buat dilewatin. Dengan kicauan burung yang bersahutan berpadu dengan keindahan 13 telaga yang terhampar di kawasan gunung, membuat perjalanan lu semua gak bakal sis-sia. Di lereng gunung juga dapat di jumpai air terjun yang bernama Air Terjun Puti Lenggo Geni. Lokasinya terdapat di daerah kabupaten pasaman barat di desa pinagar , kecamatan kinali. Dari kota Padang ditempuh 6 jam perjalanan dengan biaya Rp. 50.000/orang. Titik pendakian dapat lu pilih dari tiga titik yang ada yakni, dari desa pinagar, kinali dan malampah dengan lama pendakian 12 jam. Disini terdapat 5 pos dan lu wajib bayar tiket di pos II Rp. 4000/orang.

0 komentar:

Blog Archive

Tentang Saya

Daftar Blog Saya

Pengikut

buku tamu


ShoutMix chat widget
Blogger Indonesia Lirik Lagu <foo bloggerpeduli Komunitas Blogger